Kamis, 10 November 2011

Bendera Negara Asing Berkibar di Balai Kota DKI

Bendera enam negara yang tergabung dalam Association South East Asia Nation (ASEAN) dikibarkan di halaman Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (9/11). Pada Kamis (10/11) ini, lima bendera anggota ASEAN lainnya akan dikibarkan.
Pengibaran bendera dilakukan untuk menyambut pembukaan ajang kompetisi olahraga negara se-Asia Tenggara, Jumat (11/11) mendatang. "Pengibaran bendera-bendera ini merupakan sambutan secara resmi bagi para kontingen dari 11 negara ASEAN yang mengikuti ajang SEA Games," ujar Deputi III Inasoc DKI Jakarta Bidang Fasilitas dan Dukungan, Taufik Yudi Mulyanto.
Kegiatan pengibaran bendera serupa juga dilakukan di kota Palembang. Ada 11 bendera yang akan dikibarkan. Bendera-bendera tersebut merupakan bendera negara Filipina, Vietnam, Singapura, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Myanmar, Indonesia, Laos dan Kamboja.
Agar pengibaran bendera berlangsung khidmat, upacara pengibaran dilakukan selama dua hari berturut-turut. Enam bendera dikibarkan pada Rabu kemarin, sementara lima lainnya dikibarkan hari ini.
"Pengibaran bendera tak dilakukan secara bersamaan. Ada jeda waktu sekitar tiga puluh menit setiap bendera,'' katanya. ''Ini agar suasana berjalan khidmat.''
Untuk hari pertama, pengibaran bendera pertama dimulai dengan negara Filipina yang berlangsung pada pukul 10.00 WIB. Pengibaran dilanjutkan dengan bendera Vietnam, Singapura. Usai pengibaran bendera tiga negara tersebut, acara dihentikan selama tiga jam untuk beristirahat.
Pukul 14.50 WIB, giliran bendera negara Brunei Darussalam yang dikibarkan dengan bendera Thailand dan Malaysia. Untuk pengibaran pada Kamis (10/11) ini, upacara pengibaran bendera akan dimulai dengan bendera negara Myanmar pada pukul 10.40 WIB. Pengibaran kemudian berturut-turut dilanjutkan dengan negara Indonesia, Laos, Timor Leste, dan Kamboja.
Tak hanya mengibarkan bendera saja, upacara pengibaran bendera pun disemarakkan dengan menyanyikan lagu nasional atau lagu kebangsaan dari masing-masing negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar