Jumat, 25 November 2011

Bonus SEA Games Cair Rp 125 Miliar

Suasana di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (24/11) dipenuhi atlet dan pelatih yang mengenakan seragam lengkap kontingen Merah Putih.
Mereka terlihat gembira mengingat Menpora Andi Alifian Mallarangeng akan menyerahkan bonus kepada atlet dan pelatih berprestasi pada SEA Games XXVI yang berhasil membawa Indonesia menjadi juara umum.
"Sudah kewajiban pemerintah untuk memberikan pada para atlet. Besarnya sesuai dengan yang kita janjikan," kata Andi Mallarangeng dalam sambutannya.
Pemerintah memberikan bonus Rp 200 juta bagi peraih emas, perak Rp 50 juta dan Rp 30 juta perunggu. Total uang yang dikeluarkan pemerintah sebesar Rp 125 miliar. Bonus tersebut, kata Andi, merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah bagi para pahlawan olahraga, tapi bukan berarti hanya pemerintah saja yang boleh memberikan penghargaan.
"Tak diharamkan jika pihak swasta maupun Pengurus Besar cabang olahraga ingin memberi bonus tambahan, tidak diharamkan," jelasnya.
Selain atlet, para pelatih yang anak asuhnya sukses meraih medali di SEA Games juga kebagian bonus. Untuk pelatih yang atletnya meraih emas, mendapat bonus Rp 50 juta, perak Rp 30 juta dan perunggu Rp 15 juta.
"Tapi yang luar biasa, nilainya progresif. Artinya, semakin banyak atletnya meraih medali, semakin banyak pula bonus yang diterima si pelatih," lanjutnya.
Mantan juru bicara Presiden ini mengungkapkan nilai bonus yang diterima atlet akan bebas dari biaya pajak.
"Pajak yang nilainya 15 persen itu ditanggung pemerintah. Biaya pajak diambil dari kelebihan bonus. Tadinya, bonus disiapkan pemerintah Rp 150 milar dan hanya terpakai sekitar Rp 125 miliar. Masih sisa Rp 25 miliar. Itu yang diambil buat biaya pajak," katanya.
Dengan pemberian bonus ini, Menpora berharap para atlet makin termotivasi untuk lebih berprestasi di event-event berikutnya.
"SEA Games ini Menpora tidak jadi kebobolan, karena cabang perahu naga tidak dapat emas. Dua tahun lagi di SEA Games Myanmar, saya tantang perahu naga untuk meraih emas dan bikin tekor saya. Memang tidak ngiri liat teman-temannya raih bonus besar," canda Menpora.
Atlet-atlet berprestasi Indonesia yang meraih medali di SEA Games XXVI/2011 mendapat bonus yang jumlahnya cukup menggiurkan, makanya, ia berharap dana itu dikelola dengan baik.

"Bonus ini ada baiknya di kelola dengan sebaik mungkin, kalau tidak akan cepat habis dan manfaatnya tidak akan terasa di masa mendatang," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar