Rabu, 23 November 2011

Kalah dari Malaysia di Final SEA Games 2011: Pemain Indonesia Tidak Siap Adu Penalti?

Setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit, Indonesia terpaksa mengakui keunggulan Malaysia di babak 'tos-tosan' dengan skor tipis 3-4. Tendangan Gunawan Dwi Cahyo dan Ferdinand Sinaga tidak mampu menembus gawan Khairul Fahmi, yang dinilai Rahmad Darmawan sangat siap.

"Saya tidak mau melihat seperti apa Malaysia, tetapi dari kesiapan mental babak final, saya pikir kami bisa mengawali dengan bagus, lalu drop, tetapi bisa naik lagi. Sebenarnya sebelum adu penalti, kami siap secara mental," ujar Rahmad Darmawan usai laga.

"Tetapi saat adu penalti, penjaga gawang mereka sangat siap, pemain-pemain juga siap. Sementara kita, saat saya meminta mereka ambil adu penalti, yang siap saja kurang, sehingga saya harus memaksa," ungkap pelatih bertopi itu. "Kalau sebelum adu penalti, saya rasa kita nggak kalah dari Malaysia,"

"Penalti sudah ada persiapan, tetapi saat adu penalti, siap di latihan belum tentu siap di pertandingan. Karena di pertandingan besar seperti ini mental juga dibutuhkan."

"Hanya tiga orang yang siap, sisanya harus saya paksa. Saya bilang, tidak ada beban, tekanan ada pada saya," imbuh coach Rahmad.

Meski gagal meraih emas, talenta dan kemampuan punggawa 'Garuda Muda', menurut RD, masih punya kesempatan di level senior. Namun bukan berarti Titus Bonai dkk dapat mendapat tiket gratis.

"Ada beberapa pemain yang siap dipromosikan ke senior, tetapi harus ada seleksi, karena mereka harus siap bercampur dengan pemain senior. Kalau tim ini bisa meningkatkan kemampuannya 40 persen saja, ini sudah luar biasa," pungkas sang pelatih yang kemungkinan besar promosi ke timnas senior itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar