Kamis, 10 November 2011

Laga Kedua, Garuda Berambisi Hajar Singapura

Tim Garuda bertekad menghajar Singapura di laga kedua Grup A SEA Games cabang sepak bola, Jumat (11/11). Kemenangan akan melapangkan jalan Indonesia untuk meretas mimpi ke babak semifinal.
Pelatih tim nasional Indonesia, Rahmad Darmawan (RD) mengatakan fisik para pemain sangat baik. Hanya Stevie Bonsapia yang bermasalah dan dipastikan absen dalam laga. "Selain Stevie yang sampai saat ini masih ada di rumah sakit, peain semua baik. Stevie kemungkinan tidak bermain," ujar RD kepada sejumlah wartawan, Kamis (10/11).
Mengantisipasi absennya Stevie, RD pun menyiapkan sejumlah pelapis. Nama Hasim Kipuw dan Hendro Siswanto jadi alternatif untuk mengisi pos bek kanan di laga lawan Singapura. "Kami kira tidak terlalu bermasalah dengan pergantian sejumlah pemain. Karena memang tim ini dipersiapkan secara fleksibel. Hendro (Siswanto) bisa dimainkan sebagai bek kanan," ujar
Untuk pengganti Hendro timnas menyiapkan Mahadirga Lasut yang telah pulih dari cidera pinggul. Dalam latihan terakhir timnas, Kamis (10/11) RD tampak menginstruksikan para pemainnya untuk lebih banyak meles passing. Pola variasi serangan pun coba dibangun dengan mengandalkan dua sayap.
Di laga lawan Singapura, RD tetap akan menumpukan serangannya pada Ferdinand Sinaga di sektor kiri dan Oktovianus Maniani di kanan. Keduanya akan mendukung pergerakan Titus Bonai dan bintang baru timnasn patrich Wanggai.
RD pun mencoba menjelaskan pilihan komposisi pemain yang diturunkan Jumat siang nanti. "Saya akan melihat sampai besok pagi, kondisi pemain yang paling fit. Kita masih punya tiga striker yang kesemuanya mempunyai kans yang sama untuk bermain. Ada Yongki, Titus dan Patrich Wanggai,"
Hadangan bagi Indonesia di partai ini adalah soal waktu pertandingan yang berlangsung pada pukul 14.00 WIB. Waktu bermain di siang terik nyaris tidak pernah dirasakan oleh 20 pemain. Ini pun menimbulkan kekhawatiran jikalau kondisi fisik para pemain akan terkuras.
RD pun membaca ini sebagai potensi yang menghambat permainan Egi Melgiansyah cs. Karena itu, dia menginstruksikan agar dua sesi latihan jelang laga lawan Singapura di gelar pada siang hari.
Terkait Singapura yang jadi calon lawan timnas, RD mengaku waspada akan kapasitas teknik para pungga The Young Lions. "Saya sudah beberapa kali jelaskan Singapura punya satu technical yang mampu memancing lawan untuk masuk ke daerah pertahanan mereka dan dengan soliditas pertahanannya, mereka akan cepat melakukan serangan balik,"
Karena itu timnas, ujar RD, akan mengubah gaya bermainnya dibanding laga Kamboja. "Kita akan seimbang dalam melakukan penyerangan dan bertahan," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar