Kamis, 24 November 2011

Menpora: Bonus Atlet SEA Games Siap Dibagikan

Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, mengaku dana yang digunakan untuk bonus bagi atlet yang merebut medali pada SEA Games 2011, telah siap dibagikan.

"Pokoknya pemeritah tidak sampai tekor. Besok sebagian bonus akan dicairkan kepada mereka," kata Menpora di sela-sela penyambutan kedatangan atlet di Terminal 2F Bandara Internasional Soekarna Hatta, Rabu (23/11).

Menurut dia, sesuai dengan rencana bonus bagi atlet dan pelatih yang mampu meraih medali kejuaraan olahraga terbesar di Asia Tenggara itu, akan diberikan di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (24/11).

Selama ini dana yang dipersiapkan oleh pemerintah melalui APBN sebesar Rp150 miliar. Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan total bonus yang dikucurkan hanya kurang lebih Rp125 miliar. Dengan demikian ada sisa sekitar Rp25 miliar.

Setiap atlet yang mampu merebut medali emas akan mendapatkan bonus Rp200 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juta. Sedangkan pelatih akan mendapatkan bonus Rp50 juta untuk emas, Rp30 juta untuk perak dan Rp15 juta untuk perunggu.

"Kami telah tetapkan semua bonus berasal dari APBN dan pajak ditanggung oleh pemerintah. Kami ingin atlet peraih medali menerima dengan utuh," kata Andi Mallarangeng menambahkan.

Selain Menpora, rombongan atlet yang tiba di Jakarta juga didampingi Ketua Umum Inasoc Rita Subowo. Atlet yang bersama dengan rombongan itu di antaranya atlet voli dan baseball. Sebelumnya yang datang di Jakarta adalah atlet renang indah dan tinju.

Tuan rumah Indonesia pada SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang, 11-22 November mampu menjadi juara umum. Hasil ini merupakan yang terbaik selama 14 tahun terakhir. Indonesia terakhir menjadi juara umum pada SEA Games 1997.

Pada SEA Games XXVI di Tanah Air ini, Indonesia mampu mengumpulkan 182 emas, 151 perak, dan 142 perunggu. Di posisi dua diduduki Thailand dengan 109 emas, 100 perak, dan 120 perunggu, sedangkan posisi ketiga Vietnam dengan 96 emas, 92 perak, dan 100 perunggu.

Menpora menambahkan, dengan hasil terbaik pada SEA Games 2011 diharapkan hasil ini dijadikan sebagai pemacu semangat dan prestasi pada kejuaraan lainnya, seperi Asian Games maupun Olimpiade mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar