Jumat, 04 November 2011

Timnas Basket Putri Optimistis Rebut Perunggu



Tim Nasional Bola Basket Putri Indonesia optimistis memenuhi target medali perunggu di ajang SEA Games 2011 seperti yang ditentukan Satlak Prima.

Untuk kali pertama sejak SEA Games 2003, Timnas Basket Putri tampil di multi-event olahraga negara-negara Asia Tenggara ini. Dan tim besutan Bill McCommon tersebut sangat antusias tampil di ajang SEA Games.

Timnas Basket Putri akan bersaing dengan juara bertahan Malaysia, Thailand, Filipina dan Myanmar di SEA Games 2011 dengan menggunakan sistem round-robin. Peringkat klasemen akhir akan menjadi penentuan perolehan medali.

Timnas Basket Putri ditargetkan oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk meraih medali perunggu, dan pelatih Bill McCommon optimistis anak asuhnya mampu memenuhi target tersebut.

"Saya sudah melatih selama 30 tahun, baik putra dan putri, dan menurut saya tim ini yang paling kerja keras selama saya melatih. Saya kaget ketika mendengar tim ini tidak pernah bermain di SEA Games sejak 2003. Tapi, Anda harus menghadapi semua tantangan. Kami siap tampil," ujar pelatih berkebangsaan Amerika Serikat tersebut.

Secara peta kekuatan, juara bertahan sejak SEA Games 1997, Malaysia, masih menjadi unggulan di SEA Games 2011. Sementara itu ada juara SEABA 2010, Filipina, dan runner-up Thailand.

Kapten Timnas Basket Putri, Wulan Ayuningrum, yakin Indonesia bisa memenuhi target medali perunggu. Terlebih dalam setahun terakhir penampilan Indonesia mengalami peningkatan signifikan.

Untuk menghadapi Filipina dan Thailand, Indonesia memang masih sulit meraih kemenangan. Namun, di ajang FIBA Asia Championship 2011 lalu, Timnas Basket Putri sukses menggebuk Malaysia 74-66. Sedangkan Myanmar di atas kertas bisa diatasi.

"Kita tidak boleh kecolongan di pertandingan pertama melawan Myanmar. Itu modal penting. Menghadapi pemain-pemain yang lebih tinggi bukan masalah lagi buat kami, karena di ajang FIBA terakhir kami mampu mengatasinya," tegas Wulan.

Timnas Basket Putri akan menghadapi Myanmar pada laga pertama yang berlangsung di Britama Arena, 14 November 2011. Selanjutnya melawan Thailand pada 15 November, disusul Malaysia pada 17 November dan terakhir menghadapi Filipina pada 18 November 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar