Senin, 31 Oktober 2011

Malam SEA Games di Anjungan Pantai Losari


 

 MAKASSAR - Otoritas Sulawesi Selatan mempersembahkan gelaran acara seni-budaya menyambut SEA Games XXVI Jakarta-Palembang 2011 di anjungan Pantai Losari, Senin (31/10/2011) malam. Beragam atraksi kesenian akan digelar memeriahkan berkobarnya api SEA Games di Makassar.

Sebelumnya, sekira pukul 11.00 WITA, karateka juara nasional Arief Taufan Syamsuddin dipercayakan menjadi pemegang obor api SEA Games XXVI dalam kirab di kota Makassar, Senin (31/10/2011) siang tadi.

Didampingi 90 atlet asal Sulsel, Arief berlari sepanjang jalan protokol Jalan Jenderal Sudirman dari Monumen Mandala menuju Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan.
Setibanya di Rujab, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyambut kedatangan api abadi itu, lalu secara estafet Arief Taufan menyerahkan obor di tangannya ke tangan Syahrul.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo kemudian memercikkan api tersebut ke dalam kaldron yang disiapkan di sayap kiri halaman depan Rujab Gubernur Sulsel. Nyala api yang terpercik ke kaldron seketika disambut meriah para penyambut yang menyaksikan upacara penyalaan api untuk pesta olahraga se-Asia Tenggara di Jakarta-Palembang, awal November mendatang.

"Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dipercayakannya Sulsel menyalakan api SEA Games ini. Semangat SEA Games adalah semangat dari potensi kekayaan masyarakat Indonesia di depan bangsa-bangsa se-Asia Tenggara," sambut Syahrul kepada khalayak di halaman Rujab.

Syahrul mengemukakan, salah satu kehebatan Sulsel adalah terjaminnya rasa kebersamaan yang selayaknya harus dipertahankan selamanya. "Kami di Sulsel berharap yang terbaik untuk Indonesia sebagai tuan rumah dan semoga menjadi juara umum olahraga di Asia Tenggara," tukas Syahrul.

Usai dinyalakan ke kaldron, obor SEA Games kemudian diarak secara estafet melintasi Jalan Jenderal Sudirman-Bulusaraung-Mesjid Raya-Veteran-Sungai Saddang-Jalan Sultan Hasanuddin. Obor SEA Games tersebut berikutnya disemayamkan di Sekretariat KONI Sulsel.

Menurut Sekretaris Umum KONI Sulsel, Nukhrawi, malam nanti obor tersebut akan kembali diarak melewati rute Jalan Sultan Hasanuddin-Slamet Riyadi-Ribura'ne-Ujungpandang-Somba Opu dan berakhir di anjungan Pantai Losari.

 "Di anjungan Pantai Losari akan digelar malam budaya yang akan menampilkan hiburan seni tradisional khas Sulsel yang akan direlay ke 11 negara peserta SEA Games XXVI," tandas Nukhrawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar