Kamis, 27 Oktober 2011

Produsen Boneka Maskot Sea Games Kewalahan Penuhi Pesanan

 
Produsen boneka Hayashi Toys yang beralamat di Jalan Blue Safir Raya Nomor 34 dan 35 RT 02 RW 40, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, mengaku kewalahan memproduksi pesanan boneka maskot SEA Games 2011.
"Pada tiga pekan lalu kami kedatangan orang yang ingin memesan sekitar 1.200 boneka maskot SEA Games 2011 Moda-Modi, namun waktunya terlalu mepet dan kami juga sedang banyak pesanan," kata pemilik Hayashi Toys, Anang Sujana, di pabriknya, Rabu.
Anang mengaku hanya menyanggupi pembuatan sekitar 300 boneka dengan ukuran tinggi 25 cm bentuk komodo jantan dan betina.
Pemesan boneka itu hanya memberikan sketsa boneka tersebut dan meminta Anang merubahnya menjadi bentuk tiga dimensi.
"Untuk jantan berwarna hijau sedangkan betina berwarna kuning," katanya.
Berdasarkan gambar pula, Anang coba merealisasikan konsepnya ke dalam bentuk tiga dimensi. Baru pada percobaan kedua, representasi boneka buatannya diterima dan dijadikan contoh untuk diproduksi dalam jumlah banyak.
Selain orang yang datang dengan membawa konsep gambar Moda-Modi, kata dia, ada pula yang meminta memproduksi maskot tersebut dengan meniru contoh boneka yang telah dibuatnya. "Namun permintaan itu saya tolak karena waktunya mempet. Saya tidak mau merusak jadwal produksi yang sudah saya susun sejak awal," katanya.
Saat ini, kata dia, boneka Moda-Modi tengah dipola di atas bahan berjenis veltboa atau jenis kain bertekstur lembut untuk selanjutnya dijahit dan dibentuk menjadi boneka utuh. "Waktu yang kita perlukan untuk merampungkan boneka itu sekitar 15 hari ke depan," katanya.
Pabrik yang pernah memproduksi maskot PON XVII Kalimantan Timur ini, sempat kesulitan mendapatkan kain batik yang dijadikan selendang pelengkap kostum Moda-Modi.
Namun saat ini kain yang dicari sudah ada dan Moda-Modi pun siap dibuat dan ditargetkan rampung sebelum SEA Games XXVI resmi dibuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar