Rabu, 23 November 2011

SEA Games (Sepak Bola) - Indonesia Gagal Raih Emas Sea Games 2011

Timnas Indonesia gagal merebut medali emas cabang sepak bola SEA Games 2011 setelah pada babak final di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin kalah melalui adu pinalti dari Malaysia dengan skor 4-5.

Dengan hasil ini timnas Garuda Muda hanya mampu merebut medali perak, sedangkan medali emas berhak disandang oleh juara bertahan Malaysia. Untuk medali perunggu direbut oleh Myanmar setelah mengalahkan Vietnam 4-1.
Dari lima penendang Indonesia yang disiapkan dua di antaranya yaitu Gunawan Dwi cahyo dan Ferdinan Sinaga gagal menciptakan gol. Sedangkan dari lima penendang Malaysia hanya satu yang gagal yaitu Saarani Ahmad Muslim.
Seusai adu pinalti kondisi di lapangan nampak kontras. Pemain tuan rumah terlihat lesu dan pemain lawan yaitu Malaysia terlihat bersorak gembira setelah berhasil mempertahankan tradisi medali emas SEA Games.
Meski kalah, puluhan ribu penonton di dalam stadion terlihat tenang dan berangsur-angsur mulai meninggalkan stadion terbesar di Indonesia itu. Sedangkan di lapangan akan dilakukan pengalungan medali oleh panitia.
Pertandingan final SEA Games 2011 antara Indonesia melawan Malaysia harus melalui tahapan yang panjang. Setelah seri 1-1 di waktu normal pertandingan waktu pun harus dilakukan. Gol-pun tidak tercipta dan akhirnya harus dilakukan adu tendangan pinalti.

Pada waktu normal, kedua tim ini hanya bermain imbang 1-1. Gol tuan rumah pada waktu normal dicetak oleh Gunawan Dwi Cahyo menit lima, sedangkan gol balasan Malaysia dicetak oleh Omar Mohd Asrarudin menit 34.
Saat perpanjangan waktu, Egi Melgiansyah dan kawan-kawan berusaha bermain tenang, justru kesempatan itu dimanfaatkan oleh anak asuh Ong Kim Swee untuk menekan pertahanan Indonesia.
Namun, dengan serangan yang terkoordinasi dengan baik dari bawah timnas Garuda Muda mampu memberikan perlawanan sengit. Bahkan Ferdinan Sinaga yang lolos dari kawalan mampu menjebol gawang Malaysia pada menit 93. Hanya saja gol itu dianulir oleh wasit.
Tuan rumah kembali kesempatan menciptakan gol pada menit 103. Hanya saja tendangan bebas Egi Melgiansyah dari luar kota pinalti terbentur tembok pertahanan Malaysia. Kondisi 1-1 ini berlangsung hingga babak pertama perpanjangan usai.
Memasuki babak kedua kedua tim berusaha mengontrol jalannya pertandingan. Jual beli serangan pun terus dilakukan hanya saja semuanya belum ada yang mampu menciptakan gol.
Peluang kembali didapat tim Garuda Muda melalui tendangan bebas Egi Melgiansyah. Hanya saja tendangan itu mampu dihalangi oleh pemain belakang Malaysia. Begitu juga dengan tandukan Titus Bonai yang hanya tipis diatas mistar gawang Khairul Fahmi.
Menjelang babak kedua usai giliran Malaysia melakukan tekanan. Hanya saja hingga pertandingan usai kedudukan tetap 1-1 sehingga harus dilakukan adu tendangan pinalti.

Susunan pemain Indonesia : Kurnia Meiga(gk), Hasim Kipuw, Gunawan Dwi cahyo (KK), Abdul Rahman, Diego Michiels, Oktivianus Maniani (KK), Egi Melgiansyah (c), Mahardiga Lasut/Hendro Siswanto, Andik vermansyah/Ferdinan Sinaga, Patrich Wanggai/Ramdani Lestaluhu dan Titus Bonai.
Adapun pemain Malaysia : Che Mat Khairul Fahmi (gk), Jasuli Mahali, Mohd Azmi Mohd Zubir, Mohd Shas Mohammad Fadhli, Omar Mohd Asrarudin/Othman Mohammad Fandi, Fazail Mohd Irfan, Ambumamee Thamil Arasu/Yong Kuong Yong (KK), Bakhtiar Baddrol (c) (KK), G. Kandasamy Gurusamy (KK)/Mansor Muhd Nazmi Faiz, Saarani Ahmad Fakri (KK), Ahmad Mohammad Muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar