Senin, 14 November 2011

2 Kemungkinan Situs Sea Games Lelet

Zaman informasi dan perkembangan teknologi internet memberikan akses yang lebih mudah terhadap informasi, tapi apa yang terjadi ketika mengakses informasi yang begitu vital nilainya menjadi tidak mudah? Inilah masalah yang sedang melanda situs resmi Sea Games 2011.

Situs resmi yang beralamat di www.seag2011.com ini sulit, bahkan tidak dapat diakses. Ketika orang yang membutuhkan informasi mengenai jadwal pertandingan, dan lainnya membuka situs tersebut melalui peramban, proses pemuatan halaman malah tak kunjung selesai. Apa yang terjadi?

Menurut pengamat telematika, Abimanyu Wachjoewidajat, Senin (14/11/2011), ketika diwawancarai via ponsel menerangkan, "Penyebab lambatnya koneksi terhadap sebuah situs itu kurang lebih ada dua. Pertama, ada 'bottle neck' di bandwidth-nya. Kedua,  karena prosesnya sudah maksimum."

Bottle-neck di bandwidth ini terjadi karena pengguna yang jumlahnya melebihi kapasitas yang mampu ditanggung suatu bandwidth. Ukuran bandwidth sebenarnya dapat diperlebar sesuai dengan pesanan dan keperluan.

"Akan butuh biaya tambahan, tapi tidak besar. Apalagi untuk ukuran acara yang hanya berlangsung selama dua minggu dan mempertaruhkan nama Indonesia di mata negara lain," tambahnya.

Sebelumnya okezone, butuh sekira 10 menit untuk bisa mendapatkan tampilan depan situs tersebut. Perjuangan tak berhenti sampai di situ, karena saat berpindah dari satu fitur ke fitur lain membutuhkan kesabaran ekstra tinggi kembali.

Memang tampilan di seag2011.com tidak terlalu membosankan, apalagi disertai dengan ukuran foto yang lumayan memanjakan mata dengan bahasa internasional untuk memudahkan melakukan navigasi. Tapi apa guna, bila membaca dan berpindah ke sub fitur lainnya mengalami kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar