Jumat, 04 November 2011

Besar Kecil Normal Bagikan3 0 Paspampes Negara Kontingen Ikut Amankan SEA Games



Panglima TNI Laksmana Agus Suhartono memastikan pihaknya akan melakukan kerja sama pengamanan dengan pasukan pengamanan presiden negara-negara Asia Tenggara saat pembukaan SEA Games XXVI di Jakabaring Sport Centre, Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 November 2011.

Alasannya, saat pembukaan SEA Games, seluruh pimpinan negara kontingan SEA Games akan berkumpul di Palembang guna melihat langsung sejumlah gelaran budaya. "Kita akan kerja sama dengan paspampresnya mereka (tamu negara). Jumlah paspampres mereka sangat tergantung kebijakan masing-masing negara," kata Agus di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Senin, 31 Oktober 2011.

Agus bersama Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Timur Pradopo, Senin, meninjau kesiapan pengamanan tamu penting negara dalam pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI. Kedua petinggi kemamanan nasional itu optimistis semua tamu akan dapat terlindungi dengan baik.

Sebagai pimpinan tertinggi pengamanan tamu-tamu VVIP, Agus memastikan jajarannya akan memaksimalkan segenap potensi yang dimiliki oleh TNI dan Polri. Dalam kesempatan itu pula, Agus berharap terjalin kerja sama yang baik antara pihak pengamanan paspampres nasional dan paspamres negara-negara Asia Tenggara.

"Kami ingin memastikan semua dapat berjan lancar. Makanya, kami ke sini lihat kondisi lapangan mulai dari bandara hingga ke sini (Jakabaring Sport City). Untuk sementara tampaknya berjalan dengan baik," ujar Agus. Namun, Agus tidak menyebut jumlah personel. Ia beralasan, semuanya sesuai perkembangan di lapangan. Dia juga belum memastikan nama-nama pimpinan negara yang akan hadir.

Kepala Kepolisian Timur Pradopo tidak ingin pihak asing menyangsikan keamanan di Palembang selama SEA Games Berlangsung. Dia berharap, baik di dalam arena pertandingan dan di luar arena pertandingan berlangsung aman.

"Makanya, saya minta seluruh masyarakat untuk ikut andil menjaga keamanan Palembang. Biar tamu-tamu kita bepergian secara aman dan nyaman, juga agar kita dapat menjual Kota Palembang ini," ujar Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar