Selasa, 15 November 2011

SEA Games (Basket) - Tim Putra Indonesia Bekuk Myanmar 84-45

Tim basket putra Indonesia sukses mendulang kemenangan pertama di ajang SEA Games XXVI/2011 setelah membekuk Myanmar dengan skor telak 84-45 (43-26) di Britama Arena Sport Center Jakarta Utara, Senin malam.

Kemenangan tim Merah Putih tidak lepas dari aksi brilian "point guard" Amin Prihantono yang mengemas 18 angka, sekaligus menjadi pemain paling produktif dalam pertandingan itu.
Tim asuhan pelatih Rastafari Horongbala itu, memenuhi janjinya menggebrak melalui permainan cepat sejak awal pertandingan untuk menghadapi kekuatan Myanmar . Sebelumnya, Indonesia belum pernah bertemu atau bertanding dengan Myanmar.
Pada laga tersebut, tuan rumah menurunkan Andi Poejakesuma, Ary Chandra, Amin Prihantono, Dimas Aryo Dewanto dan Christian Ronaldo Sitepo.
Sedangkan Myanmar menurunkan formasi inti Chin Ta, Chan Chan, Sei Thu Tun Tun, Soe Kyi, Nay Myo Min. Sedangkan "point guard" pengganti Ohn Phay dan Win Co sempat merepotkan Indonesia dengan mencetak 12 dan 10 angka.
Permainan Timnas Indonesia cukup stabil dengan mencetak 23 angka pada kuarter pertama sekaligus agresif memanfaatkan bola-bola "rebound".
Dominasi Indonesia berlanjut dengan meraih 21 dan 20 poin pada kuarter tiga dan empat. Sebaliknya perolehan angka Myanmar tersendat, terutama pada kuarter ketiga yang hanya meraih enam angka.
Sementara itu, emenangan tim putra gagal diikuti tim putri yang menderita kekalahan 78-86 pada partai perdananya melawan Myanmar dengan diperkuat pemain naturalisasi.
Timnas Indonesia yang dimotori Jaklien Ibo sebenarnya sempat memimpin 42-38 pada kuarter kedua, namun menurun drastis pada kuarter ketiga.
Myanmar yang dimotori Wine dan Susie mencetak 30 angka pada kuarter ketiga, sebaliknya Indonesia hanya mengemas 13 angka sehingga tertinggal 68-55.
Tim Indonesia yang dilatih William Frazier M Cammon itu sempat berupaya mengejar angka lawannya, namun sebaliknya Myanmar mengimbangi perolehan point di kuarter keempat.
"Kami bermain bagus, namun Myanmar bermain lebih baik. Kurang beruntung saja dan akan menjadi evaluasi untuk pertandingan besok lawan Thailand," kata Manajer Tim Indonesia, Hasan Gozali.
Sementara itu, pelatih Myanmar Jian Xin Qin menyebutkan, kemenangan timnya merupakan hasil proses latihan dan persiapan matang.
"Tim mengutamakan kerja sama dan tidak menggantungkan pada salah satu pemain saja. Dan hari ini pemain bisa bermain sesuai yang kami inginkan," kata Juan Xin Qin.
Pada pertandingan lainnya, pemegang medali emas SEA Games XXIV/ 2007 tim putri Malaysia harus mengakui keunggulan Filipina yang mengalahkannya dengan skor 56-64. Sedangkan tim putra Malaysia yang bertanding di grup B mengalahkan Singapura 67-59.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar